Selamat Datang Di Blog Masjid Kampus Al-Muhtadin Universitas Tanjungpura Pontianak "Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah"

Masjid Merupakan Salah Satu Pilar Umat Islam

Sebuah bangsa yang terbelakang akan berubah menjadi maju dan berkembang,dengan melakukannya, mengadakan dan memperbaiki proses pendidikan anak-anak dan pemuda-pemuda mereka, hal ini sebagai mana di ungkapkan Mohammad Natsir yaitu :
“Maju atau mundurnya salah satu kaum bergantung sebagian besar kepada pelajaran dan pendidikan yang berlaku dalam kalangan mereka.”

Maksud dari ungkapan tersebut menyatakan bahwa pendidikan sangat penting untuk diperhatikan oleh sebuah bangsa atau kaum yang mengharapkan bangsanya dapat maju dan berkembang. Pendidikan yang di maksud adalah tidak menyimpang dari nilai-nilai Islam, namun sebaliknya yang dapat mengarahkan manusia untuk dapat memiliki kesempurnaan akhlakul karimah nya, manusia yang tidak hipokrit, dan mempunyai tujuan hidup yang mengabdi kepada Tuhan-Nya.
Pendidikan (pembinaan) itu akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh sebuah kaum atau bangsa tertentu, untuk menggapai kejayaan meski melalui tiga pilar umat Islam, adalah sebagai berikut: 
a.    Masjid
b.    Kampus
c.    Pasantren

Apabila tiga unsur diatas dipertemukan dalam usaha untuk membagun, mengembangkan sebuah kaum (negara), maka akan menjadi modal utama dalam proses pembinaan umat (rakyat) dinegara itu, baik di bidang ekonomi, pendidikan, budaya dan sosial. Karena akan sangat berbahaya jika terjadi dikotomi antara tiga pilar itu, di mana manusia cenderung kepada spesialisasi yang melampaui batas. Hal ini akan menyebabkan hal apatis terhadap bidang diluar keahliannya, misalnya spesialis dalam bidang kedokteran, ia tidak memberikan perhatiannya dalam urusan agama. Hal ini bukanya dapat memecahkan permasalahan, tetapi justru sebaliknya akan menimbulkan permasalahan yang baru.
 Dengan mempersatukan tiga pilar umat tersebut maka tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena didalamnya dapat tercipta titik temu dalam bentuk gagasan-gagasan atau ide-ide, dan seruan-seruan dalam bingkai ukhuwah yang bisa saling mendukung satu sama lain untuk kepentingan bersama didunia maupun di akhirat.

Menurut Mohammad Natsir tiga pola pembinaan (pengkaderan)tersebut, yaitu masjid sebagai tempat pembinaan pribadi dan jiwa seluruh lapisan masyarakat tanpa kecuali, baik yang kaya, miskin,para intelektual, anak-anak jalanan, orang tua, pemuda dan anak-anak. Kampus atau universitas dapat membentuk dan menghasilkan para cendikiawan yang ahli dalam bidang ilmu pengetahuan umum dan teknologi yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat diera globalisasi ini, pasantren yang dapat menciptakan berbagai ulama, para ustadz yang ahli dalam ilmu pengetahuan agama.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Masjid Kampus | Al-Muhtadin Untan
Copyright © 2012. Masjid Al-Muhtadin - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Al-Muhtadin Untan
powered by Blogger